Selasa, 28 Februari 2017

Tips Jitu Merawat AC Agar Awet Bertahun Tahun

AC adalah pengatur suhu ruangan (air conditioner), bukan pendingin ruangan. Meskipun sebenernya udara yg keluar dari AC hanya udara dingin (tidak bisa keluar panas).
Maka aturlah suhu AC sesuai suhu ruangan yang nyaman, yaitu 22-25 derajat. AC yang tidak berisik, dingin tapi tidak membuat menggigil dan kulit kering, menghilangkan bau merupakan hal ideal bagi banyak orang.
Namun kadang orang mengabaikan itu, padahal perawatan AC bisa dilakukan sendiri dan tak begitu sulit, beberapa poin berikut ini adalah cara agar AC anda awet dan bebas problem hingga bertahun tahu.

1. Jangan mensetting suhu di bawah 22 derajat Celsius

Mensetting suhu di bawah 22 derajat akan membuat mesin AC bekerja ekstra terus menerus dan menjadi boros energi. Komponen-komponennya dipaksa bekerja keras setiap saat, sama seperti komponen mesin lain, jika kerja mesin dipaksakan akan membuat komponen mesin cepat aus dan juga pilihlah AC yang irit listrik dan efisien, apa lagi untuk sekarang banyak AC yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.
Sebaiknya jangan tidur menggunakan selimut karena selimut akan menaikkan suhu yang sudah didinginkan dari AC. Jadi penggunaan selimut itu tidak menghemat listrik. Harusnya dengan suhu stabil di 25 derajat, manusia sudah bisa tidur dengan nyaman.

2. Tempatkan bagian outdoor pada tempat yang tepat

Jauhkan dari terik matahari secara langsung, debu maupun air hujan. Design rumah anda dengan sedikit ventelasi, karena AC yang sudah mengatur sirkulasi udara ruangan anda, jika ruangan rumah anda begitu gelap, anda bisa menggantti dinding anda dengan kaca

3. Insulasi ruangan yang baik

Banyak faktor yang menyebabkan AC nya tidak dingin, antara lain : banyak bukaan (jendela), salah penempatan indoor, jarak indoor dan outdoor yg terlalu jauh. Selain itu, semakin besar beda suhu target yang diinginkan dengan suhu lingkungan luar, maka semakin berat kerja AC, terlebih jika insulasi kamar tidak bagus.

4. Perawatan yang teratur 3-6 bulan sekali

Periksa AC anda 3 bulan sampai 6 bulan sekali, bersihkan debu debu yang ada pada AC anda, atau menggunakan jasa service ac untuk mengecek kondisi AC rumah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar